Indahnya Pantai Balad, Salah Satu Destinasi Wisata di Taliwang

Tulisan I Love Balad baru saja diresmikan oleh Pemerintah Kabupaten Barat menjadi salah satu icon di Pantai Balad Kecamatan Taliwang. (Foto: Pemkab Sumbawa Barat)

Taliwang, Sumbawa Barat- Apabila kalian berkunjung ke Sumbawa Barat, salah satu destinasi wisata yang bisa kalian kunjungi ialah Pantai Balad. Pantai Balad berada di Kelurahan Telaga Bertong, Kecamatan Taliwang merupakan salah satu dari banyak destinasi wisata yang ada di Sumbawa Barat. Setiap hari terutama saat musim libur panjang dan akhir pekan, Pantai Balad ramai dikunjungi wisatawan domestik dan manca negara.

Keberadaan pantai ini menjadi salah satu icon pariwisata di kabupaten ini. Baru-baru ini bahkan Bupati Sumbawa Barat, W Musyafirin, dan Wakil Bupati, Fud Syaifuddin, membuka (unboxed) tahun 2020 dengan me-launching icon di Pantai Balad, Taliwang, Selasa (31/12/19). Icon yang dilaunching keduanya adalah tulisan I     Balad. Persemian ditandai dengan pembukaan tirai icon tersebut yang berdiri di atas perahu tua.

Bagi wisatawan, tulisan ini menjadi salah satu spot foto yang menarik. Selain menandakan pernah berkunjung ke pantai ini, berfoto di sini juga memiliki makna kebanggaan terhadap keberadaan Pantai Balad.

Untuk yang hobi menyelam, di sini juga merupaka lokasi pavorit untuk diving karena bisa melihat keindahan bawah laut, serta bangkai-bangkai kapal karam yang menjadi pemandangan menyenangkan.

Di sini juga terdapat warung warung yang menyediakan kuliner dan masakan laut salah satunya adalah ikan panggang dengan harga terjangkau berkisar Rp25.000 hingga Rp50.000.

Wakil Bupati Sumbawa Barat Fud Syaifuddin mengatakan, Pantai Balad merupakan satu objek wisata andalan di Sumbawa Barat. Sumbawa Barat merupakan penopang wisata Nusa Tenggara Barat selain Pulau Lombok yang sudah terkenal lebih dahulu

Pantai Balad Sebagai Potensi

Bupati dalam sambutannya menyampaikan terimakasih dan bersyukur atas terpeliharanya keamanan di malam pergantian tuhun. Bupati juga berterimakasih dan mengapresiasi apa yang dilakukan Pokdarwis Segegar Balad. Yang telah menginisiasi dan mengajak masyarakat mengembangkan Pantai Balad sebagai destinasi wisata yang menarik. Melaksanakan malam amal atau pengumpulan dana untuk anak-anak yatim.

“Semoga ditahun 2020 kita menjadi lebih baik dan semoga bantuan dana yang terkumpul malam ini dapat membantu kegiatan sehari-hari anak-anak kami di Panti Asuhan Al-Balad Taliwang,” kata Bupati.

Bupati berharap ada Pokdarwis atau kelompok masyarakat yang kreatif. Secara swadaya mengajak masyarakat mengembangkan potensi wisata yang banyak di KSB. Dengan kreatifitas dan inovasi seperti yang dilakukan di Pantai Balad, maka akan memberikan dampak positif kepada pendapatan masyarakat sekitar. Pemerintah Daerah pun akan mendukung Pokdarwis atau masyarakat yang melakukan hal tesebut.

Dalam kegiatan peresmian kemarin, selain dihadiri Bupati dan Wakil Bupati juga dihadiri Dandim 1628 Sumbawa Barat, Kapolres dan Kajari tersebut menjadi ajang pengumpulan dana untuk menyantuni anak yatim di Panti Asuhan Al-Balad. Kegiatan ini dilaksanakan oleh kelompok sadar wisata (Pokdarwis) Sagegar Balad yang diketuai Malik Salim.