NTB Ramaikan Acara Festival Indonesia

Nusa Tenggara Barat (NTB) ikut ramaikan acara Festival Indonesia yang berlangsung di venue Elizabeth Quay, Perth, Australia Barat. (Foto: instagram/nia_mendro)

Lombok- Nusa Tenggara Barat (NTB) ikut ramaikan acara Festival Indonesia yang berlangsung di venue Elizabeth Quay, Perth, Australia Barat, pada 25 – 27 Oktober 2019. Kali ini, NTB menampilkan warisan sejarah dan budaya selain menampilkan berbagai potensi alam.

”Kami menawarkran berbagai paket program wisata untuk anak sekolah dan umum,” kata Anita Achmad, selaku Ketua Badan Promosi Pariwisata Daerah Nusa Tenggara Barat (BPPD NTB).

Acara ini diikuti oleh pelaku usaha pariwisata se-Lombok dan Sumbawa. Dalam perhelatan itu, wakil dari Lombok dan Sumbawa mengenakan pakaian adat daerah, seperti baju Lambung Sasak Lombok, Sumbawa dan yang lainnya.

Terlihat delegasi dari NTB dalam kesempatan itu memakai baju adat. Hal ini bertujuan untuk mempromosikan warisan nenek moyang di Lombok dan Sumbawa berupa ketrampilan menenun.

”Karena itu kami menghadirkan alat tenunan di tempat acara,” ujarnya.

Anita Achmad mengatakan kebangkitan wisata Lombok dan Sumbawa ditunjang dengan kehadiran penerbangan langsung Air Asia. Dalam beberapa bulan terakhir terdapat penerbangan yang menghubungkan langsung Perth – Lombok seminggu empat kali.

”Kabarnya akan ditingkatkan menjadi setiap hari,” ujar Anita Achmad yang menjelaskan sudah bertemu dengan eksekutif Air Asia.

Mengembangkan Sektor Wisata

”Di Lombok Utara terdapat tiga pulau wisata, bisa menikmati keindahan bawah lautnya,” ucap Ketua Asosiasi Pengusaha Gili Trawangan Acok Zani Baso.

Lokasi tersebut menawarkan fasilitas seperti diving, snorkling, atau glass bottom boat.  Bahkan juga dapat bermain surfing. Namun tidak hanya obyek bawah lautnya yang dieksplor juga bisa menengok potensi budaya Lombok Utara. Serta ada air terjun dan kopi yang bisa dinikmati oleh wisatawan.

Perkembangan pariwisata NTB pada semester pertama 2019 mengalami pergerakan positif. Di antaranya adalah meningkatnya kunjungan wisatawan Australia ke Lombok melalui direct flight. Hal ini menjadi sinyal yang baik untuk merawat pasar Australia, yang warganya berkunjung ke luar negeri satu sampai dua kali dalam setahun.

Saat ini NTB menjadi salah satu dari fokus pembangunan pariwisata nasional. NTB didukung menjadi world class destination, sehingga keseriusan pemerintah pusat untu menjadikan Mandalika sebagai destinasi super prioritas.