Kembangkan Seni Budaya Islami, Pemkab Dompu Adakan Festival Seni Rebana Klasik

Bupati Dompu, Bambang, membuka dan memberi sambutan pada acara Festival Seni Rebana Klasik Tingkat Kabupaten Dompu tahun 2019. (Foto: Pemkab Dompu)

Dompu, Sumbawa- Pemerintah Kabupaten Dompu mengadakan Festival Seni Rebana Klasik Tingkat Kabupaten Dompu tahun 2019. Festival kali ini merrupakan upaya pemerintah untuk mengembangkan seni budaya islami dan festival yang bernuansa keagamaan.

Berlangsung Jum’at (18/10/2019) malam, acara ini dibuka Bupati Dompu, Bambang, yang di tandai dengan pancaran Kembang Api diiringi alunan Perkusi persembahan siswa-siswi SMKN I Dompu.

Dalam sambutannya Bupati Dompu menyampaikan bahwa seni budaya Islam yang memiliki arti penting dan menjadi bagian pembinaan umat islam, oleh karenanya perlu terus dikembangkan.

“Saya sangat berterimakasih atas terselenggaranya festival rebana klasik tahun 2019 ini, saya berharap Festival Rebana seperti ini menjadi ajang untuk mensyiarkan Islam dan sarana membendung budaya negatif, termasuk juga menjadi sarana menciptakan seniwati muslim yang handal ” ungkap Bambang selaku Bupati.

Bupati Dompu juga berharap dengan adanya festival rebana tahun ini akan menjadi momentum baik untuk kedepannya dalam penyelenggaraan festival rebana klasik yang berjenjang serta berkesinambungan.

“kegiatan ini adalah pembelajaran untuk kita semua dalam mengadakan kegiatan besar, dari sini kita bisa sama-sama belajar untuk mengelola kegiatan, mengelola ivent bahkan yang jauh lebih besar dengan tujuan untuk menghasilkan sesuatu yang luar biasa,” imbuhnya.

Festival Rebana Klasik

Tidak kurang dari 44 Grup Rebana Klasik dari berbagai Instansi, Kecamatan, Desa dan Masyarakat umum dari seluruh Wilayah Kabupaten Dompu turut ambil bagian dalam festival tersebut.

Acara ini juga dihadiri oleh  pejabat lingkup Pemda Dompu, tokoh agama, tokoh masyarakat serta berbagai sanggar seni islami dan seluruh lapisan masyarakat turut serta menyaksikan juga memeriahkan pembukaan festival Seni Rebana Klasik 2019 ini.

“Untuk itu menjadi tugas Polisi, Danramil dan Jajarannya, camat beserta jajaranya dan terutama kepada Lurah Kandai Dua dan seluruh masyarakat untuk bersama-sama menjaga kegiatan festival ini khususnya, sehingga Dompu yang nggahi rawi pahu ini tetap kondusif demi keamanan dan kenyamanan kita bersama,” pesan Bupati.

Festival bernuansa islami yang diawali dengan Pembacaan ayat suci Al-quran oleh Ny. Qurniasih Hamzah,  dilanjutkan penampilan Perkusi SMKN 1 Dompu, festival ini berlangsung dari tanggal 18 sampai 22 Oktober 2019, dengan pegumuman pemenang festival sekaligus penutupan akan diadakan pada hari Jum’at, 25 Oktober 2019 pada tempat dan lokasi yang sama, Lapangan Bola Kandai Dua Kabupaten Dompu.

“Mari kita semua sukseskan festival rebana kali ini dengan cara datang dan nikmati bersama-sama mulai malam ini sampai hari akhir penyelenggaraan,” tutup Bupati Dompu.