Sukses Dengan Jambanisasi, Tim PDPGR KSB Dapat Tugas Baru

Bupati Sumbawa Barat, Musyafirin, saat membuka pelatihan tim pembina dan tim penggerak PDPGR KSB di Hotel Ifa Syari’ah, Selasa (31/10/2017). (SUmber: KSB).

Taliwang, SUMBAWADAILY.COM ** Program Daerah Pemberdayaan Gotong Royong (PDPGR) Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) kembali dikerahkan oleh bupati KSB, Musyafirin. Setelah sebelumnya sukses dengan program jambanisasi, kali ini tim PDPGR memiliki tugas memberantas kemiskinan di KBS.

“KSB merupakan satu-satunya kabupaten di luar Pulau Jawa yang sukses dengan program jambanisasi. Yang membuat kabupaten ini bebas dari buang air sembarangan. Ini semua berkat kerja bersama, gotong royong semua pihak, yang melibatkan masyarakat, agen PDPGR, Pemerintah Daerah,” ungkap Bupati KSB saat membuka pelatihan tim pembina dan tim penggerak PDPGR KSB di Hotel Ifa Syari’ah, Selasa (31/10/2017).

Diberitakan laman resmi KSB, pembentukan tim PDPGR dianggap perlu dalam mengentaskan kemiskinan di KBS karena menurut Musyafirin itu merupakan penyakit mental yang perlu disembuhkan.

“Sebenarnya, tidak ada orang yang miskin di KSB. Namun yang banyak adalah mengaku miskin dan ini sebenarnya, tidak ada orang yang miskin di KSB. Namun yang banyak adalah mengaku miskin dan ini merupakan penyakit mental yang perlu mendapat perhatian bersama,” kata sang bupati seperti dikutip dari laman yang sama.

Pembentukan tim PDPGR ini sendiri terbagi menjadi dua. Tim PDPGR pembina yang terdiri dari camat dan tim PDPGR penggerak yang beranggotakan lurah atau kepala desa. Tugas dari tim ini melakukan verifikasi terhadap warganya.

Selain itu tim PDPGR juga harus bekerjasama untuk menekan angka kemiskinan. “Keroyok dia, semua harus segera selesai diverfikasi dengan cepat dan kita mendapat data yang valid,” kata Bupati.

Melalui kegiatan pelatihan ini bupati berharap dapat menyatukan persepsi dalam mensukseskan PDPGR yang salah satu tujuannya menekan angka kemiskinan. Hal senada juga diungkapkan oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Mulyadi.

“Kegiatan ini untuk memperkuat koordinasi antara tim pembina dalam hal ini Camat dan tim penggerak yakni Kepala Desa/Lurah. Ini penting guna mensukseskan program PDGR dengan semangat ikhlas, jujur, dan sungguh-sungguh.”