PNS di Lingkaran Narkoba dan HIV/AIDS

Sosialisasi narkoba di lingkungan PNS Pemkab Sumbawa. Acara tersebubt diselenggarakan oleh KORPRI. (Sumber: Pemkab Sumbawa).

Sumbawa Besar, SUMBAWADAILY.COM ** Mengantisipasi semakin maraknya peredaran narkoba dan jangkitan HIV/AIDS di kalangan Pegawai Negeri Sipil (PNS) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumbawa, Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI) Pemkab Sumbawa selenggarakan Sosialisasi Bahaya Narkoba dan HIV/AIDS bagi Pegawai Negeri Sipil se-Kabupaten Sumbawa yang diselenggarakan beberapa waktu lalu di Aula H. Madilaoe ADT Lantai III Kantor Bupati Sumbawa.

Seperti diberitakan laman resmi Pemkab Sumbawa, Kabupaten Sumbawa sebagai salah satu daerah yang dilanda fenomena maraknya penggunaan narkoba terus berupaya bersama berbagai kalangan untuk mengupayakan langkah-langkah bagi pencegahan berkembangnya fenomena penyalahgunaan narkoba dan penyebaran virus HIV/AIDS tersebut.

Penyalahgunaan narkoba dan penyebaran virus HIV/AIDS sendiri telah menyebar diberbagai kalangan, mulai dari anak-anak sampai orang dewasa, bahkan sudah tidak lagi memandang status mulai pengangguran, pelajar, mahasiswa bahkan kini sudah mulai marak melanda lembaga yang seharusnya menjadi teladan ditengah-tengah masyarakat yaitu PNS dan TNI/POLRI.

“Saat ini penyalahgunaan narkotika dan zat adiktif lainnya sedang marak terjadi di Kabupaten Sumbawa. Kondisi tersebut cukup memprihatinkan karena narkoba sudah menjangkiti kalangan remaja hingga anak-anak SD,” kata Bupati Sumbawa, Husni Djibril dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Sumbawa Drs. H. Rasyidi.

Bupati juga menyampaikan hal yang paling mengkhawatirkan adalah kemungkinan melonjaknya infeksi HIV/AIDS di kalangan pecandu narkoba.

”Narkoba dan HIV/AIDS merupakan sesuatu hal yang saling terkait. Dengan mengkonsumsi narkotika dan obat-obatan terlarang, lebih cenderung berperan dalam penularan HIV,” terangnya lebih lanjut seperti diberitakan laman yang sama.

Husni juga mengatakan akan pentingnya pembinaan mental dan spiritual di kalangan PNS. Melalui kegiatan semacam ini dia juga berharap semoga penyalahgunaan narkoba dan penyebaran HIV/AIDS dapat dicegah.

“Dengan peningkatan kualitas moral dan mental diri sendiri dan juga keluarga, Insya Allah kita semua akan terhindar dari bahaya narkoba maupun HIV/AIDS. Atas nama Pemkab Sumbawa, saya mengucapkan terimakasih kepada Korpri Kab. Sumbawa yang telah berinisiatif menyelenggarakan Sosialisasi Anti Narkoba di Lingkungan Pemkab Sumbawa.”

Husni juga berharap agar peredaran narkotika sudah sangat merajalela dan menyasar berbagai kalangan yang dalam menjalankan aksinya menggunakan berbagai macam cara di wilayah Pemkab Sumbawa.

“Kepedulian semua pihak sangat dibutuhkan dalam menangkal peredaran gelap narkotika dan pemutusan jaringan sindikat di daerah ini,” pungkasnya.