Museum Asi Mbojo dan Sampraja, Tempat Tepat Belajar Sejarah

Museum Asi Mbojo merupakan bekas kediaman raja/sultan Bima pada masa lampau. Bangunan ini arsitektur gaya Eropa dan Bima. (Sumber: Pemkot Bima).

Kota Bima, SUMBAWADAILY.COM ** Bagi pecinta sejarah nusantara belum lengkap rasanya jika belum berkunjung ke Kota Bima. Di kota yang termasuk ke dalam Provinsi Nusa Tenggara Barat ini, ada beberapa museum yang menyimpan peninggalan zaman kerajaan yang dapat menambah pengatahuan serta memuaskan keingintahuan para pecinta sejarah nusantara.

Agar lebih tahu sejarah perkembangan Kota Bima, pecinta sejarah dapat mengunjungi Museum Asi Mbojo. Asi Mbojo dulunya merupakan kediaman bagi raja/sultan Bima. Di museum ini pengunjung dapat mempelajari menganai silsilah/tata urutan Raja dan Kesultanan Bima.

Seperti diberitakan di laman resmi Pemerintah Kota Bima, tak hanya mengenai Raja dan Kesultanan Bima, di museum terdapat pula benda tata urutan kepangkatan kepemerintahan, barang-barang serta pakaian adat yang digunakan istana kerajaan, para prajurit, serta masyarakat pada jaman itu.

Museum ini dikonstruksi dengan campuran gaya Eropa dan Bima pada tahun 1927 oleh Mr. Obzicshteer Rehata. Lokasinya berada di pusat kota sehingga pengunjung mudah mengaksesnya. Jika berkunjung ke Museum Asi Mbojo ini, pengunjung juga sekaligus dapat mengunjungi Istana Kayu Asi Bou.

Istana ini terletak di sisi timur Museum Asi Mbojo yang dulunya merupakan Istana Bima. Dinamakan Asi Bou karena didirikan setelah pendirian Istana Bima pada tahun 1927, tepatnya pada masa pemerintahan Sultan Ibrahim (1881-1936). Tujuan didirikannya Asi Bou sendiri diperuntukkan bagi kediaman Putera Mahkota Muhammad Salahuddin.

Setelah asik berkunjung ke Museum Asi Mbojo dan Istana Asi Bou, pengunjung juga dapat memperdalam pengetahuannya dengan berkunjung ke Museum Samparaja. Museum Sampraja merupakan museum yang ada di Kota Bima selain Museum Asi Mbojo.

Museum ini terletak di Jalan Gajah Mada Kelurahan Moggonao Kota Bima. Koleksi yang ada di museum ini antara lain Kitab BO yang asli. Kitab BO adalah kitab yang membahas ihwal Kerajaan Bima pada abad 14 Masehi. Selain itu terdapat benda-benda peninggalan kesultanan Bima.