Bupati Dompu Luruskan SPTJM

Bupati Dompu memberikan arahan terkait SPTJM saat peringati Hari Sumpah Pemuda beberapa waktu lalu. (Sumber: Pemkab Dompu).

Dompu, SUMBAWADAILY.COM ** Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM) salah prosedur penandatanganan, Bupati Dompu luruskan. Pelurusan tersebut dijelaskan Bupati Dompu, Bambang M. Yasin saat memimpin upcara Hari Sumpah Pemuda ke 89 Tahun 2017 di lapangan Kelurahan Karijawa, Senin (30/10/2017) lalu.

Seperti diberitakan laman resmi Pemkab Dompu, menurut Bambang, selama ini yang terjadi di lingkungan wilayan Pemkab Dompu, Surat Pernyataan SPTJM pada pengerjaan proyek fisik yang sudah ada dianggap salah prosedur penandatanganan. Seharusnya SPTJM yang menandatangani adalah orang yang mengerjakan. Tapi yang terjadi sebaliknya, orang lain yang mengerjakan sedangkan yang bertanggungjawab pihak lain.

“Siapa yang bikin daftar anggaran dan memeriksa dokumennya dia yang akan membuat SPTJM. Sebaliknya, ini ngak, yang lain bikin dan memeriksa segala macam, yang lain disuruh tandatangan. Ini harus diperbaiki prosedurnya,” kata Bambang seperti dikutip laman yang sama.

Adanya kesalahan prosedur penandatangan SPTJM di Pemkab Dompu, nampaknya sampai ke Presiden. Maka presiden memerintahkan agar seluruh kepala daerah untuk tidak lagi menandatangani SPTJM.

“Sekali lagi, siapa yang berbuat dia yang harus bertanggungjawab. Itu perintahnya jelas,” tegasnya.