Pasar Karang Dima Akan Dibangun Menjadi Pusat Grosir

Dalam waktu dekat Sumbawa akan memiliki pasar grosir berkonsep modern. Pemerintah Kabupaten Sumbawa pun mulai menyiapkan detail engineering design (DED) untuk pasar tersebut. (Sumber: Pemkab Sumbawa).

Sumbawa Besar, SUMBAWADAILY.COM ** Pasar grosir berkonsep modern, yaitu Pasar Karang Dima, akan dibangun di Sumbawa dalam waktu dekat. Pemerintah Kabupaten Sumbawa pun mulai menyiapkan detail engineering design (DED) untuk pasar tersebut.

Diberitakan laman resmi Pemkab Sumbawa, Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Sumbawa telah melakukan presentasi awal DED Pasar Karang Dima, belum lama ini. Pasar tersebut disiapkan menjadi pusat distribusi dan pusat grosir.

“DED Pasar Karang Dima hari ini kami paparkan, akan kami rencanakan untuk dijadikan sebagai pusat distribusi logistik provinsi dan akan dijadikan pusat grosir,” kata Kabid Pengendalian Pengembangan dan Pelaporan Pendapatan Daerah, mewakili Kepala Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Sumbawa, Usman, seperti dikutip  laman yang sama.

Menurutnya, Pasar Karang Dima nantinya juga akan dilengkapi dengan fasilitas pergudangan, bongkar muat, area terbuka, area bermain, dan dapat diakses dari jalur by pass. Dia mengatakan hal tersebut telah direncanakan dan dinilai sudah memenuhi kajian–kajian teknis studi kelayakan.

Sementara itu Bupati Sumbawa, Husni Djibril, mengatakan pemerintah tidak ingin main-main dalam membangun pasar tersebut.

“Pemerintah  ingin memberikan fasilitas terbaik kepada masyarakat Kabupaten Sumbawa, dengan menghadirkan pasar grosir dan pasar modern yang benar-benar dapat dimanfaatkan keberadaannya oleh masyarakat,” kata dia.

Dia mengimbau agar DED pembangunan pasar diperhitungkan secara matang. Bupati juga berharap pembangunan Pasar Karang Dima memiliki konsepnya yang tetap memperhatikan ruang terbuka hijau. Ada pohon dan bunga yang ditanam di lingkungan pasar  sehingga dapat menciptakan suasana yang indah dan sejuk.