Jadi Desa Persiapan, Pejabat Kepala Desa Dilantik

Bupati KSB, W. Musyafirin melantik pejabat kepala desa Desa Persiapan Lamunga. (Sumber: KSB).

Taliwang, SUMBAWADAILY.COM ** Menjadi Desa Persiapan, wilayah Lamunga di Kecamatan Taliwang kini memiliki penjabat kepala desa. Pelantikan Penjabat Kepala Desa Persiapan Lamunga dilakukan langsung oleh Bupati Sumbawa Barat, W. Musyafirin, di lapangan Desa Persiapan yang sebelumnya merupakan salah satu dusun di Desa Batu Putih.

Dilansir dari laman resmi Pemkab Sumbawa Barat (KSB), acara pelantikan tersebut dilakukan Senin (30/10/2017). Penjabat kepala desa yang dilantik adalah Habiburrahman Hidayat. Disebutkan, sebelumnya Habiburrahman juga pernah menjabat sebagai Penjabat Kepala Desa Batu Putih sebelum desa tersebut memiliki kepala desa definitif.

Habiburrahman mendapat amanah sebagai Penjabat Kepala Desa Persiapan Lamunga berdasarkan Surat Keputusan (SK) Bupati Nomor 3409 Tahun 2017 tentang Pengangkatan Pejabat Kepala Desa Desa Persiapan Lamunga.

Setelah diambil sumpah dan dilantik, Habiburrahman menandatangani dan membaca fakta integritas. Isi fakta integritas tersebut di antaranya tidak akan melakukan KKN, tidak menerima pemberian yang berkaitan dengan jabatan, bekerja dengan jujur, transparan, objektif dan akuntabel serta mempertanggung jawabkan setiap pengeluaran keuangan desa dengan transparan dan akuntabel.

Bupati Sumbawa Barat, W. Musyafirin, dalam sambutannya mengatakan pemekaran desa tersebut merupakan kebutuhan masyarakat. Desa Batu Putih yang sangat luas menjadi alasan pemekaran wilayah tersebut.

Musyafirin  tidak memungkiri pemekaran desa tersebut akan menimbulkan pro dan kontra di tengah masyarakat. Namun, dia berharap masyarakat harus bersatu.

“Ketika sudah ada penjabat kepala desa, dengan kesadaran diri kita bersatu padu. Persatuan menjadi senjata untuk mempercepat desa persiapan Lamunga menjadi desa definitif,” kata dia seperti dikutip situs tersebut.

Dia mengimbau  masyarakat juga harus saling mendukung serta mempertahankan budaya bergotong royong. Termasuk bergotong royong membangun kantor desa.

Di sisi lain dia mengatakan selama ini Desa Persiapan Lamunga merupakan daerah tambang. Untuk itu masyarakat diharapkan dapat memanfaatkan sumber daya alam dengan bijaksana, yaitu tetap memperhatikan keselamatan jiwa dan kelestarian lingkungan.

Dia menegaskan tidak akan menghentikan kegiatan tambang sebelum menemukan metode yang baik. Dia pun meminta kepada Dinas Lingkungan Hidup unuk memfasilitasi dan membimbing masyarakat setempat agar penambangan dan pengolahan berjalan aman.

“Ini bukan berarti ditutup. Tapi agar lingkungan ini terpelihara. Tidak ada lagi ikan di sungai yang mati atau air untuk warga tercemar,” kata dia.

Disebutkan Dusun Lamunga dijadikan desa persiapan setelah diterbitkannya Surat Gubernur NTB Nomor 100/231/Pem/2017 tanggal 8 September 2017. Diterbitkannya surat tersebut menjadi pertimbangan Kementerian Dalam Negeri untuk menetapkan Dusun Lamunga menjadi desa persiapan.