Gelaran Pentas Seni, Pawai Budaya, Hingga Olahraga Warnai Event Taliwang 2017

Pantai Kertasari salah satu tempat diselenggarakan event Taliwang 2017 bulan November mendeatang. (Sumber: Pemerintah daerah KSB).

Taliwang, SUMBAWADAILY.COM ** Pemerintah Daerah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) siapkan berbagai event untuk tarik minat wisatawan manca maupun domestik. Beberapa event wisata tersebut tergabung dalam event Taliwang 2017.

Meskipun diselenggarakan tiap tahun, namun menurut laman resmi Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif KSB penyelenggaraan event Taliwang kali ini memiliki perbedaan dari tahun-tahun sebelumnya.

Seperti diberitakan laman yang sama, tahun 2017 ini merupakan kali ketiga penyelenggaraan event tahunan yang tersebar dibeberapa tempat. Event ini terdiri dari beberapa kegiatan mulai dari olahraga, pawai budaya, hingga pentas seni yang digelar mulai tanggal 4 hingga 14 November 2017.

Event berskala nasional ini diawali dengan Balap Sampan atau Balap Perahu. Balap sampan adalah perlombaan adu kecepatan perahu tradisional. Perlombaan unik ini akan diselenggarakan pada pukul 08.00 diĀ  Desa Labuhan Lalar, Kecamatan Taliwang. Akan banyak momen menarik dan unik di perlombaan ini.

Keseruan event dilanjutkan dengan parade layang-layang hias yang digelar di dermaga Labuhan Lalar, Kecamatan Taliwang, Sumbawa Barat. Pawai budaya yang akan dipusatkan di Lapangan Dinas Lingkungan Hidup, Komplek KTC, Taliwang, sekaligus sebagai pembuka Festival Taliwang 2017. Keseruan masih terus berlanjut dengan adanya pentas seni dan budaya pada 11-14 November.

Bagi mereka yang memiliki hobi olahraga dapat berpartisipasi dalam fun bike dan sepeda wisata. Namun, jika pengunjung lebih suka dengan olahraga yang memacu adrenalin disediakan pula lomba surving yang berskala nasional yang diselenggaran di Pantai Kertasari. Atau wisatawan bisa pula memilih Pariri Lema Bariri Trail Adventure (PALEBATRA).

Dinas pariwisata dan ekonomi kreatif KSB juga melengkapi event Taliwang 2017 dengan pertunjukan permainan rakyat yakni Sampo Ayam dan Balapan Kebo. Sampo Ayam sendiri merupakan permainan rakyat Sumbawa Barat yang tergolong unik dan mungkin terkesan agak aneh.

Lain Sampo Ayam, lain pula Bapalan Kebo. Permainan rakyat satu ini hanya terdapat di dua tempat yaitu di Kabupaten Sumbawa Barat dan Kabupaten Sumbawa. Permain yang sudah mendarah daging bagi rakyat Sumbawa ini menuntut ketangkasan sang joki untuk memacu sepasang kerbau agar berlari secepat mungkin menuju garis finish.