152 Orang Disumpah Sebagai PNS

Sebanyak 152 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) telah menjalani sumpah sebagai PNS belum lama ini. Mereka adalah peserta CPNS yang lulus dari seleksi jalur kategori 2 (K2). (Sumber: KSB).

Taliwang, SUMBAWADAILY.COM ** Sebanyak 152 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) telah menjalani sumpah sebagai PNS belum lama ini. Mereka adalah peserta CPNS yang lulus dari seleksi jalur kategori 2 (K2).

Dilansir dari laman resmi pemerintah KSB, pengambilan sumpah/janji 152 PNS tersebut dilaksanakan di lobi Gedung Graha Praja Setda Kabupaten Sumbawa Barat pada Jumat (27/10). Mereka disumpah dan diambil janjinya sebagai korps pegawai Republik Indonesia oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Sumbawa Barat, Abdul Azis.

Abdul Azis, yang membacakan sambutan Bupati Sumbawa Barat mengimbau agar PNS yang disumpah senantiasa bersyukur atas amanah yang diterima. PNS diharapkan dapat menjalankan tugas secara ikhlas, jujur dan bersungguh-sungguh. Sebagai PNS mereka juga diminta untuk membangun dan menjaga citra positif PNS di mata masyarakat dengan dedikasi yang tinggi.

Sebagai PNS khususnya di lingkungan Kabupaten Sumbawa Barat, diharapkan memiliki prilaku yang terpuji, sehingga menjadi contoh atau teladan bagi masyarakat. PNS juga terikat dengan kode etik dan aturan-aturan kepegawaian.

“Jadilah PNS dan motivator di tengah masyarakat untuk senantiasa salat secara berjamaah di masjid, selalu membaca Al-Qur’an dan menginfakkan sebagian rizki,” kata dia seperti dikutip situs tersebut.

Di sisi lain, sebagai PNS di era kemajuan teknologi informasi saat ini harus memiliki kemauan untuk belajar dan mengembangkan diri. Memiliki kesadaran dan kepedulian terhadap lingkungan sekitar serta tanggap terhadap dinamika tuntutan masyarakat.

Dia juga mengingatkan jika PNS merupakan mesin birokrasi untuk membawa perubahan ke arah yang lebih baik. Maka jangan sampai terpengaruh bahkan mengikuti budaya kerja yang tidak profesional.

“Saya ingatkan PNS untuk memegang teguh PDLT, prestasi, dedikasi, loyalitas dan tanpa cela. Inilah tolak ukur menjadi PNS yang sukses,” lanjut dia.

Sementara itu Sekretaris Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Sumbawa Barat, Nanang Sujatmiko, menyampikan peserta pengambilan sumpah/janji merupakan PNS yang diangkat dari jalur K2. Sebelumnya sebanyak 333 PNS dari jalur yang sama juga telah diambil sumpah/janjinya pada Juni lalu.